Ujian Akhir Semester, Mahasiswa PGSD Gelar Pementasan Tari

Ujian Akhir Semester, Mahasiswa PGSD Gelar Pementasan Tari

FTIK Unisnu Jepara – Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Unisnu Jepara menyelenggarakan Pementasan Tari pada Rabu, (18/01) bertempat di Ruang Auditorium lantai 3 Perpustakaan Unisnu Jepara dan disiarkan langsung melalui cahnnel youtube “PGSD UNISNU Jepara”. Kegiatan tersebut merupakan praktikum mata kuliah bagi mahasiswa Prodi PGSD semester 3 untuk memenuhi Ujian Akhir Semester Gasal TA 2022/2023.

Terdapat 12 kelompok yang tampil secara bergantian dengan menampilkan tari dari berbagai daerah, diantaranya Tari Perahu Layar, Tari Menthog-Menthog, Tari Candik Ayu, Tari Kridhajati, Tari Sintren, Tari Dolanan dan lainnya. Dua belas kelompok tersebut merupakan mahasiswa Reguler 1. Sedangkan mahasiswa Reguler 2 yang terdiri dari 3 kelompok akan tampil hari Sabtu, 21 Januari 2023 di tempat yang sama.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Program Studi, dosen, dan mahasiswa PGSD FTIK Unisnu Jepara. Ketua Program Studi PGSD FTIK Unisnu Jepara, Erna Zumrotun, M.Pd. secara resmi membuka acara tersebut. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi seluruh pihak yang berperan dalam kegiatan tersebut.

”Kegiatan praktikum semacam ini sangat bagus dan diperlukan oleh mahasiswa PGSD yang notabene adalah calon guru. Seorang guru tidak cukup hanya menjelaskan materi saja tetapi juga harus siap mempraktikkan dan memberi contoh.” tuturnya.

Pementasan tari pada kegiatan tersebut sebagai syarat untuk mendapatkan nilai Mata Kuliah Pembelajaran Seni Tari dan Drama SD. Setelah pementasan tari tersebut mahasiswa dapat melihat nilai Ujian Akhir Semester (UAS) pada Sistem Akademik Mahasiswa (SIAMA) yang pada saat mereka tampil langsung dinilai oleh dosen pengampunya yaitu Bapak Abdullah Effendi, M.Pd.

“Rencananya kegiatan praktikum semacam ini akan selalu kami laksanakan bagi mahasiswa angkatan selanjutnya untuk mengasah skill psikomotorik mahasiswa”, ucap Bapak Abdullah Effendi, M.Pd.

Bupati Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PGSD, Muchammad Ardian Mahardika merasa bangga ikut andil sebagai peserta dalam kegiatan tersebut.

“Harapan saya kedepan semoga prodi PGSD Unisnu Jepara terus bisa mengadakan kegiatan yang serupa, untuk melestarikan kebudayaan terutama dalam seni tari”, terangnya.

Dia juga berharap kedepannya acara tersebut dapat dilaksanakan secara terbuka di gedung yang lebih besar agar dapat dinikmati lebih banyak penonton.

(teg)

Komentar



Berita Terkait