Ratusan Mahasiswa Dibekali Sebelum Mengabdi di Sekolah Mitra PPL

Ratusan Mahasiswa Dibekali Sebelum Mengabdi di Sekolah Mitra PPL

FTIK UNISNU - Sebanyak 238 mahasiswa dari Prodi (Program Studi) Pendidikan Agama Islam (PAI), Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) dan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara mengikuti pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang digelar di kampus setempat pada Selasa dan Rabu, 25 dan 26 Juni 2019. Pembekalan tersebut diupayakan untuk mempersiapkan mahasiswa sebelum diterjunkan ke 25 Sekolah lokasi penempatan mahasiswa praktik mengajar yang sebenarnya. 25 Sekolah lokasi PPL yang telah ditentukan oleh pimpinan fakultas merupakan Sekolah yang telah bermitra dengan FTIK Unisnu Jepara. Mulai dari tingkat TK, SD, SLTP dan SLTA.

Secara umum, kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata  dan memperluas cakrawala mahasiswa dalam kehidupan di instansi pendidikan sehingga mahasiswa setelah lulus cakap melaksanakan tugas-tugas kependidikan di sekolah yang meliputi pengelolaan pembelajaran dan wawasan kependidikan yang memadai. Materi Pembekalan yang disampaikan diantaranya adalah Perencanaan Pembelajaran, Keterampilan Mengajar, Evaluasi Hasil Belajar, Administrasi serta Teknis Pelaksanaan PPL dan dilanjutkan dengan agenda Kordinasi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dengan mahasiswa peserta pembekalan.

Dekan FTIK Unisnu Jepara, Drs. H. Mahalli, M.Pd., dalam sambutan pembukaan kegiatan tersebut mengungkapkan, calon guru yang baik harus menguasai beberapa kompetensi diantaranya kompetensi pedagogik, komptensi professional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Selain itu, ia berharap mahasiswa menjaga nama baik almamater kampus selama berada di lokasi PPL. “Kami berharap mahasiswa mampu memberikan sesuatu yang baru terhadap lokasi PPL yang ditempati dan memperoleh banyak hal pada saat real teaching, sehingga muncul simbiosis mutualisme antara mahasiswa dan lokasi tempat praktik mengajar”. Imbuhnya.

Pembekalan ini disambut dan dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiwa, terbukti para peserta antusias dalam berdiskusi untuk menajamkan pemahaman dan materi yang disampaikan narasumber.Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tiga tugas seorang guru yakni Merencanakan, Melaksanakan, dan Melakukan evaluasi. maka dengan adanya kegiatan PPL FTIK 2019. Mari kita sukseskan setiap proses menjadi seorang guru guna mempersiapkan generasi terbaik untuk Indonesia kedepan”. Ungkap Febby Cyntia, salah seorang peserta pembekalan PPL dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Peserta kegiatan PPL TA. 2018/2019 akan diterjunkan ke Sekolah lokasi prakting mengajar pada 1 Agustus 2019 dengan pembagian secara kelompok tiap lokasi sekolah. Kurang lebih selama 40 hari mahasiswa peserta PPL akan melakukan pengabdian mengajar di sekolah yang telah ditunjuk. (admin)

 

Admin FTK

Komentar