Program Habituasi Islam Dikenalkan Kepada Mahasiswa PPL

Program Habituasi Islam Dikenalkan Kepada Mahasiswa PPL

FTIK UNISNU - Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mulai melaksanakan kegiatan Real Teaching (pengajaran) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara mulai Selasa tanggal 24 Agustus 2021. Tidak hanya mahasiswa UNISNU berjumlah 15 orang terdiri atas 11 mahasiswa dari program pendidikan (prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan 4 mahasiswa dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) beserta 5 mahasiswa dari prodi Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus (UMK) berintegrasi dalam Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)  di MAN 1 Jepara. 

Ada 15 guru pamong mewakili 5 mata pelajaran yang akan mendampingi masing-masing mahasiswa PPL di MAN 1 Jepara. Mata pelajaran tersebut adalah Akidah Akhlaq, Al Quran Hadist, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan Bahasa Inggris. Pengajaran kelas ini dilaksanakan untuk kelas X dan XI. 

Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh panitia PPL Unisnu Jepara bahwa para mahasiswa mulai melaksanakan praktik mengajar selama 6 hari pada tanggal 1-6 September 2021. Namun sebelum itu, mahasiswa Unisnu melaksanakan observasi yang disebut pra-PPL terlebih dahulu selama 2 minggu di MAN 1 Jepara guna memahami kondisi kultur madrasah, kurikulum pembelajaran, kegiatan siswa, metode mengajar para guru, dan sebagainya. “Mahasiswa PPL di MAN 1 Jepara disebut bapak ibu guru karena mereka menjadi guru pengajar sama dengan guru-guru yang ada di madrasah walaupun sifatnya sementara. Mahasiswa tidak hanya mengajar saja, namun juga diberikan tugas lain sesuai prodinya masing-masing. Selain itu, setiap pagi mahasiswa secara bergantian menjadi satgas Covid-19,” jelas Tafrikhan, S.Pd., selaku Waka Akademik di MAN 1 Jepara.

Pada hari ini (23/8/2021) para mahasiswa melaksanakan pertemuan secara tatap muka bersama guru pamong yang telah ditunjuk untuk mendampingi mahasiswa dari prodi masing-masing selama kegiatan PPL. Pelaksanaan seremonial ini dihadiri pula oleh kepala MAN 1 Jepara dan Waka Akademik. “Seluruh warga madrasa MAN 1 Jepara harus menunjukkan habituasi Islam. Ini merupakan program yang ada di MAN 1 Jepara yaitu Habituasi Islam. Ketika memasuki sholat dhuhur, seluruh warga Madrasah harus berjama’ah,” ujar Drs. H. AH Rif’an, M.Ag., kepala MAN 1 Jepara. “Setiap pagi mahasiswa PBI mengikuti kegiatan English Morning sebelum kelas berlangsung. Sedangkan PAI diberi tugas tambahan menganalisa Standar Kompetensi Lulusan-Kompetensi Inti-Kompetensi Dasar-Indikator (SKL-KI-KD-I) dan membuat RPP Merdeka Belajar. Semoga mahasiswa PPL bisa melaksanakan kegiatan dengan baik dan nanti nilai akan mengikuti,” tambahnya.


Admin FTK

Komentar