
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Akreditasi Baik
profile singkat
Visi dan Misi
VISI
Menjadi guru sekolah dasar yang berjiwa edupreneurship, mampu mengembangkan IPTEK dalam pembelajaran, mengembangkan seni dan budaya, berakhlak mulia dan berkepribadian ahlussunnah wal jama’ah.
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang pendidikan dan keguruan yang berkualitas guna mengembangkan sumber daya manusia yang unggul, cendekia, berakhlakul karimah dan berkepribadian ahlussunnah wal jama’ah.
- Melaksanakan peneltian dalam bidang pendidikan dan mepublikasikan hasil penelitian melalui media yang bertaraf nasional dan internasional.
- Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam rangka membangun masyarakat yang terdidik, inovatif dan kreatif, berbudaya islami dan berkepribadian ahlussunnah wal jamaah.
- Memperluas jaringan kerjasama bidang pendidikan dan keguruan secara kontinyu dan selektif untuk mempercepat dan menjamin tercapainya tujuan fakultas.
Kurikulum
No | Kode mata kuliah | Nama mata kuliah | Semester | Sks |
---|---|---|---|---|
1 | 21UN01PSD | Pancasila | 1 | 2 |
2 | 21PSD107 | Teori Belajar dan Pembelajaran | 1 | 2 |
3 | 21PSD106 | Pendidikan Kepramukaan | 1 | 2 |
4 | 21PSD105 | Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Olahraga | 1 | 2 |
5 | 21PSD104 | Konsep Dasar IPS | 1 | 2 |
6 | 21PSD103 | Konsep Dasar PKn | 1 | 2 |
7 | 21PSD102 | Konsep Dasar IPA | 1 | 2 |
8 | 21PSD101 | Konsep Dasar Matematika | 1 | 2 |
9 | 21UN03PSD | Bahasa Indonesia | 1 | 2 |
10 | 21UN05PSD | Ahlussunah wa al Jama'ah | 1 | 2 |
11 | 21FTK2PSD | Ilmu Pendidikan | 1 | 2 |
12 | 21PSD202 | Pendidikan Berbasis Budaya Lokal | 2 | 2 |
13 | 21PSD203 | Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif SD | 2 | 3 |
14 | 21PSD204 | Filsafat Pendidikan | 2 | 2 |
15 | 21PSD205 | Psikologi Pendidikan | 2 | 2 |
16 | 21UN02PSD | Kewarganegaraan | 2 | 2 |
17 | 21FTK1PSD | Fiqih Ibadah | 2 | 2 |
18 | 21UN04PSD | Bahasa Inggris | 2 | 2 |
19 | 21UN06PSD | Ke-NU-an | 2 | 2 |
20 | 21UN07PSD | Studi al Quran dan al Hadits | 2 | 2 |
21 | 21UN08PSD | Akhlak | 2 | 2 |
22 | 21PSD201 | Keterampilan Berbahasa Indonesia | 2 | 2 |
23 | 21PSD305 | Pembelajaran Seni Rupa dan Kerajinan SD | 3 | 3 |
24 | 21PSD309 | Perkembangan Peserta Didik | 3 | 2 |
25 | 21PSD308 | Metodologi Penelitian | 3 | 2 |
26 | 21PSD307 | Pendidikan Bahasa Indonesia | 3 | 3 |
27 | 21PSD306 | Pembelajaran Tematik Terpadu | 3 | 3 |
28 | 21PSD304 | Pembelajaran Seni Tari dan Drama | 3 | 3 |
29 | 21PSD303 | Pembelajaran Bahasa Jawa SD | 3 | 2 |
30 | 21PSD302 | Pembelajaran Bahasa Inggris SD dan Bilingual | 3 | 2 |
31 | 21PSD301 | Profesi Kependidikan | 3 | 2 |
32 | 21FTK4PSD | Teknologi Pendidikan | 3 | 2 |
33 | 21PSD403 | Pendidikan IPA | 4 | 3 |
34 | 21PSD409 | Public Speaking | 4 | 2 |
35 | 21PSD408 | Kewirausahaan | 4 | 2 |
36 | 21PSD407 | Teknologi Informasi dan Komunikasi | 4 | 2 |
37 | 21PSD405 | Pendidikan PKn | 4 | 2 |
38 | 21PSD404 | Pendidikan IPS | 4 | 3 |
39 | 21FTK3PSD | Statistik | 4 | 2 |
40 | 21PSD402 | Pendidikan Matematika 1 | 4 | 2 |
41 | 21PSD401 | Problematika Pendidikan dan Pembelajaran di SD | 4 | 2 |
42 | 21PSD406 | Pendidikan Jasmasi dan Kesehatan | 4 | 2 |
43 | 21FTK6PSD | Pengembangan Kurikulum | 4 | 2 |
44 | 21PSD506 | Penelitian Pendidikan | 5 | 2 |
45 | 21FTK8PSD | Bimbingan dan Konseling | 5 | 2 |
46 | 21FTK7PSD | Kuliah Kerja Lapangan (KKL) | 5 | 2 |
47 | 21FTK5PSD | Manajemen Pendidikan | 5 | 2 |
48 | 21PSD507 | Pendidikan Inklusi | 5 | 2 |
49 | 21PSD505 | Karya Tulis Ilmiah | 5 | 2 |
50 | 21PSD504 | Kajian Kurikulum SD | 5 | 2 |
51 | 21PSD503 | Pembelajaran Seni Musik SD | 5 | 2 |
52 | 21PSD502 | Pendidikan Matematika 2 | 5 | 2 |
53 | 21PSD501 | Model-model Pembelajaran SD | 5 | 3 |
54 | 21PSD605 | Pengembangan Bahan Ajar Matematika | 6 | 2 |
55 | 21PSD610 | Manajemen Kelas dan MBS | 6 | 2 |
56 | 21PSD609 | Penelitian Tindakan Kelas | 6 | 2 |
57 | 21PSD608 | Pengembangan Bahan Ajar IPS | 6 | 2 |
58 | 21PSD607 | Pengembangan Bahan Ajar PKn | 6 | 2 |
59 | 21PSD606 | Pengembangan Bahan Ajar IPA | 6 | 2 |
60 | 21PSD604 | Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia | 6 | 2 |
61 | 21PSD603 | Microteaching | 6 | 2 |
62 | 21PSD602 | Evaluasi Pembelajaran | 6 | 2 |
63 | 21PSD601 | Perencanaan Pembelajaran | 6 | 2 |
64 | 21PSD701 | Seminar Usul Penelitian | 7 | 2 |
65 | 21UN09PSD | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 7 | 4 |
66 | 21FTK9PSD | Komprehensif | 8 | 0 |
67 | 21FTK10PSD | Skripsi | 8 | 6 |
Daftar Dosen
Gugus Kendali Mutu
Ketua : Aan Widiyono, S.Pd., M.Pd.
Sekretaris : Muhammad Misbahul Munir, M.Pd.
Anggota : Syailin Nichla Choirin Attalina, S.Pd., M.Pd.
Berikut Laporan Gugus Kendali Mutu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar >> DOWNLOAD
PPEPP
Siklus PPEPP
Implementasi Standar Dikti membentuk sebuah siklus yang mencakup Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi pelaksanaan, Pengendalian pelaksanaan, dan Peningkatan (PPEPP) Standar Dikti sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundangundangan.
Di dalam Pasal 52 ayat (2) UU Dikti disebutkan bahwa penjaminan mutu dilakukan melalui 5 (lima) langkah utama yang disingkat PPEPP, yaitu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi (pelaksanaan), Pengendalian (pelaksanaan), dan Peningkatan Standar Dikti. Hal ini berarti bahwa kelima langkah utama tersebut harus ada dalam melaksanakan SPMI, bahkan merupakan hal terpenting dari SPMI di setiap perguruan tinggi.
Mekanisme SPM Dikti diawali oleh perguruan tinggi dengan mengimplementasikan SPMI melalui siklus kegiatan yang disingkat sebagai PPEPP, yaitu terdiri atas:
- Penetapan (P) Standar Dikti
- Pelaksanaan (P) Standar Dikti
- Evaluasi (E) pelaksanaan Standar Dikti
- Pengendalian (P) pelaksanaan Standar Dikti
- Peningkatkan (P) Standar Dikti
Silakan klik masing-masing dokumen dan diharuskan memakai email domain @unisnu.ac.id untuk melihat. Terimakasih.