Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Akreditasi Baik

profile singkat

Visi Keilmuan

VISI KEILMUAN 

Menghasilkan guru sekolah dasar yang berjiwa edupreneurship, mampu mengembangkan IPTEK dalam pembelajaran, mengembangkan seni dan budaya, berakhlak mulia dan berkepribadian ahlussunnah wal jama’ah.

Kurikulum

No Kode mata kuliah Nama mata kuliah Semester Sks
1 21UN01PSD Pancasila 1 2
2 21PSD107 Teori Belajar dan Pembelajaran 1 2
3 21PSD106 Pendidikan Kepramukaan 1 2
4 21PSD105 Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Olahraga 1 2
5 21PSD104 Konsep Dasar IPS 1 2
6 21PSD103 Konsep Dasar PKn 1 2
7 21PSD102 Konsep Dasar IPA 1 2
8 21PSD101 Konsep Dasar Matematika 1 2
9 21UN03PSD Bahasa Indonesia 1 2
10 21UN05PSD Ahlussunah wa al Jama'ah 1 2
11 21FTK2PSD Ilmu Pendidikan 1 2
12 21PSD202 Pendidikan Berbasis Budaya Lokal 2 2
13 21PSD203 Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif SD 2 3
14 21PSD204 Filsafat Pendidikan 2 2
15 21PSD205 Psikologi Pendidikan 2 2
16 21UN02PSD Kewarganegaraan 2 2
17 21FTK1PSD Fiqih Ibadah 2 2
18 21UN04PSD Bahasa Inggris 2 2
19 21UN06PSD Ke-NU-an 2 2
20 21UN07PSD Studi al Quran dan al Hadits 2 2
21 21UN08PSD Akhlak 2 2
22 21PSD201 Keterampilan Berbahasa Indonesia 2 2
23 21PSD305 Pembelajaran Seni Rupa dan Kerajinan SD 3 3
24 21PSD309 Perkembangan Peserta Didik 3 2
25 21PSD308 Metodologi Penelitian 3 2
26 21PSD307 Pendidikan Bahasa Indonesia 3 3
27 21PSD306 Pembelajaran Tematik Terpadu 3 3
28 21PSD304 Pembelajaran Seni Tari dan Drama 3 3
29 21PSD303 Pembelajaran Bahasa Jawa SD 3 2
30 21PSD302 Pembelajaran Bahasa Inggris SD dan Bilingual 3 2
31 21PSD301 Profesi Kependidikan 3 2
32 21FTK4PSD Teknologi Pendidikan 3 2
33 21PSD403 Pendidikan IPA 4 3
34 21PSD409 Public Speaking 4 2
35 21PSD408 Kewirausahaan 4 2
36 21PSD407 Teknologi Informasi dan Komunikasi 4 2
37 21PSD405 Pendidikan PKn 4 2
38 21PSD404 Pendidikan IPS 4 3
39 21FTK3PSD Statistik 4 2
40 21PSD402 Pendidikan Matematika 1 4 2
41 21PSD401 Problematika Pendidikan dan Pembelajaran di SD 4 2
42 21PSD406 Pendidikan Jasmasi dan Kesehatan 4 2
43 21FTK6PSD Pengembangan Kurikulum 4 2
44 21PSD506 Penelitian Pendidikan 5 2
45 21FTK8PSD Bimbingan dan Konseling 5 2
46 21FTK7PSD Kuliah Kerja Lapangan (KKL) 5 2
47 21FTK5PSD Manajemen Pendidikan 5 2
48 21PSD507 Pendidikan Inklusi 5 2
49 21PSD505 Karya Tulis Ilmiah 5 2
50 21PSD504 Kajian Kurikulum SD 5 2
51 21PSD503 Pembelajaran Seni Musik SD 5 2
52 21PSD502 Pendidikan Matematika 2 5 2
53 21PSD501 Model-model Pembelajaran SD 5 3
54 21PSD605 Pengembangan Bahan Ajar Matematika 6 2
55 21PSD610 Manajemen Kelas dan MBS 6 2
56 21PSD609 Penelitian Tindakan Kelas 6 2
57 21PSD608 Pengembangan Bahan Ajar IPS 6 2
58 21PSD607 Pengembangan Bahan Ajar PKn 6 2
59 21PSD606 Pengembangan Bahan Ajar IPA 6 2
60 21PSD604 Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia 6 2
61 21PSD603 Microteaching 6 2
62 21PSD602 Evaluasi Pembelajaran 6 2
63 21PSD601 Perencanaan Pembelajaran 6 2
64 21PSD701 Seminar Usul Penelitian 7 2
65 21UN09PSD Kuliah Kerja Nyata (KKN) 7 4
66 21FTK9PSD Komprehensif 8 0
67 21FTK10PSD Skripsi 8 6

Daftar Dosen

Erna Zumrotun, S.Pd., M.Pd.

Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Aan Widiyono, S.Pd., M.Pd.

Ketua Gugus Kendali Mutu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Sarjana

Gugus Kendali Mutu

Pengelola GKM Berikut pengelola Gugus Kendali Mutu (GKM) TA. 2021/2022 berdasarkan SK Rektor Unisnu Jepara Nomor  129/SK/UNISNU/IX/2021 tentang Pengelola UPM dan GKM di Lingkungan Unisnu Jepara.  SK Dekan tentang penetapan nama-nama pengelola GKM dapat diunduh dengan Klik nama program studi masing-masing.

Program Studi Pendidikan Guru SD
Ketua        : Aan Widiyono, S.Pd., M.Pd.
Sekretaris : Muhammad Misbahul Munir, M.Pd.
Anggota    : Syailin Nichla Choirin Attalina, S.Pd., M.Pd. 


Berikut Laporan Gugus Kendali Mutu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar >> DOWNLOAD


PPEPP




Siklus PPEPP


Implementasi Standar Dikti membentuk sebuah siklus yang mencakup Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi pelaksanaan, Pengendalian pelaksanaan, dan Peningkatan (PPEPP) Standar Dikti sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundangundangan.


Di dalam Pasal 52 ayat (2) UU Dikti disebutkan bahwa penjaminan mutu dilakukan  melalui 5 (lima) langkah utama yang disingkat PPEPP, yaitu Penetapan,  Pelaksanaan, Evaluasi (pelaksanaan), Pengendalian (pelaksanaan), dan Peningkatan Standar Dikti. Hal ini berarti bahwa kelima langkah utama tersebut harus ada dalam melaksanakan SPMI, bahkan merupakan hal terpenting dari SPMI di setiap perguruan tinggi.


Mekanisme SPM Dikti diawali oleh perguruan tinggi dengan mengimplementasikan SPMI melalui siklus kegiatan yang disingkat sebagai PPEPP, yaitu terdiri atas:


  1. Perencanaan (P)
  2. Pelaksanaan (P) Standar Dikti
  3. Evaluasi (E) pelaksanaan Standar Dikti
  4. Pengendalian (P) pelaksanaan Standar Dikti
  5. Peningkatkan (P) Standar Dikti
 


Silakan klik masing-masing dokumen dan diharuskan memakai email domain @unisnu.ac.id untuk melihat. Terimakasih.