
Program Studi Pendidikan Guru PAUD
Akreditasi Baik
profile singkat
Visi Keilmuan
VISI KEILMUAN
Menghasilkan guru pendidikan anak usia dini yang kompeten, cendekia, menguasai teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan seni budaya serta berakhlak mulia yang berhaluan ahlussunnah wal jama’ah
Kurikulum
No | Kode mata kuliah | Nama mata kuliah | Semester | Sks |
---|---|---|---|---|
1 | 21UN02PUD | Kewarganegaraan | 1 | 2 |
2 | 21PUD106 | Psikologi Pendidikan | 1 | 2 |
3 | 21PUD105 | Pendidikan Anak dalam Islam | 1 | 2 |
4 | 21PUD104 | Kesehatan dan Gizi | 1 | 2 |
5 | 21PUD103 | Perkembangan Motorik | 1 | 3 |
6 | 21PUD102 | Perkembangan Bahasa | 1 | 3 |
7 | 21PUD101 | Konsep Dasar PAUD | 1 | 2 |
8 | 21UN04PUD | Bahasa Inggris | 1 | 2 |
9 | 21UN05PUD | Ahlussunnah wa al Jama’ah | 1 | 2 |
10 | 21FTK2PUD | Ilmu Pendidikan | 1 | 2 |
11 | 21PUD203 | Olahraga dan Rekreasi AUD | 2 | 2 |
12 | 21PUD204 | Bahasa Jawa AUD | 2 | 2 |
13 | 21PUD205 | Pembelajaran Tari AUD | 2 | 2 |
14 | 21PUD206 | Bahasa Inggris AUD | 2 | 2 |
15 | 21PUD207 | Bermain dan Permainan AUD | 2 | 2 |
16 | 21FTK1PUD | Fiqih Ibadah | 2 | 2 |
17 | 21PUD202 | Perkembangan Kognitif dan Kreatifitas | 2 | 2 |
18 | 21UN03PUD | Bahasa Indonesia | 2 | 2 |
19 | 21UN07PUD | Studi al Quran dan al Hadits | 2 | 2 |
20 | 21UN08PUD | Akhlak | 2 | 2 |
21 | 21PUD201 | Perkembangan Moral dan Agama | 2 | 2 |
22 | 21PUD304 | Penyelenggaraan UKS PAUD | 3 | 2 |
23 | 21UN01PUD | Pancasila | 3 | 2 |
24 | 21PUD307 | Pendidikan Kepribadian Cendekia dan Berakhlakul Karimah | 3 | 2 |
25 | 21PUD306 | Musik dan Lagu AUD | 3 | 3 |
26 | 21PUD305 | Seni Rupa Dwimatra | 3 | 3 |
27 | 21PUD303 | Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak | 3 | 2 |
28 | 21PUD302 | Perkembangan Sosial dan Emosi | 3 | 2 |
29 | 21PUD301 | Media dan Sumber Belajar AUD | 3 | 2 |
30 | 21FTK4PUD | Teknologi Pendidikan | 3 | 2 |
31 | 21UN06PUD | Ke-NU-an | 3 | 2 |
32 | 21PUD403 | Penulisan Karya Ilmiah | 4 | 2 |
33 | 21PUD408 | Kewirausahaan | 4 | 2 |
34 | 21PUD407 | Seni Rupa Trimatra | 4 | 3 |
35 | 21PUD406 | Perencanaan Pembelajaran | 4 | 2 |
36 | 21PUD404 | Perlindungan dan Hak Anak | 4 | 2 |
37 | 21FTK3PUD | Statistik | 4 | 2 |
38 | 21PUD402 | Pembelajaran Sains | 4 | 2 |
39 | 21PUD401 | Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD | 4 | 3 |
40 | 21PUD405 | Penelitian Kuantitatif | 4 | 2 |
41 | 21FTK6PUD | Pengembangan Kurikulum | 4 | 2 |
42 | 21PUD507 | Pembelajaran Matematika | 5 | 2 |
43 | 21FTK8PUD | Bimbingan dan Konseling | 5 | 2 |
44 | 21FTK7PUD | Kuliah Kerja Lapangan (KKL) | 5 | 2 |
45 | 21FTK5PUD | Manajemen Pendidikan | 5 | 2 |
46 | 21PUD506 | Seminar PAUD | 5 | 3 |
47 | 21PUD505 | Model pembelajaran | 5 | 3 |
48 | 21PUD504 | Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus | 5 | 2 |
49 | 21PUD503 | Penelitian kualitatif | 5 | 2 |
50 | 21PUD502 | Parenting | 5 | 2 |
51 | 21PUD501 | Antropobiologi | 5 | 2 |
52 | 21PUD605 | Tata Rias dan Busana AUD | 6 | 2 |
53 | 21PUD609 | Modifikasi Perilaku | 6 | 3 |
54 | 21PUD608 | Strategi Pembelajaran | 6 | 2 |
55 | 21PUD607 | Evaluasi Pembelajaran | 6 | 3 |
56 | 21PUD606 | Pendidikan Inklusi AUD | 6 | 2 |
57 | 21PUD604 | Manajemen Penyelenggaraan PAUD | 6 | 3 |
58 | 21PUD603 | Konsentrasi Kajian PAUD | 6 | 3 |
59 | 21PUD602 | Pengembangan Pendidik PAUD | 6 | 2 |
60 | 21PUD601 | Microteaching | 6 | 2 |
61 | 21PUD701 | Pagelaran Karya | 7 | 3 |
62 | 21UN09PUD | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 7 | 4 |
63 | 21FTK9PUD | Komprehensif | 8 | 0 |
64 | 21FTK10PUD | Skripsi | 8 | 6 |
Daftar Dosen
Muhammad Nofan Zulfahmi, S.Pd, M.Pd.
Ketua Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Dewi Pratiwi, S.Pd, M.Pd.
Ketua Gugus Kendali Mutu Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Program Sarjana
Dina Amalia, S.Pd, M.Pd.
Dosen
Gugus Kendali Mutu
Pengelola GKM Berikut pengelola Gugus Kendali Mutu (GKM) TA. 2021/2022 berdasarkan SK Rektor Unisnu Jepara Nomor 129/SK/UNISNU/IX/2021 tentang Pengelola UPM dan GKM di Lingkungan Unisnu Jepara. SK Dekan tentang penetapan nama-nama pengelola GKM dapat diunduh dengan Klik nama program studi masing-masing.
Program Studi Pendidikan Guru PAUD
Ketua : Dwiana Asih Wiranti, M.Pd.
Sekretaris : Ari Purnomo Endah Aflahani, S.Psi., M.A.
Anggota : Muhammad Nofan Zulfahmi, M.Pd.
Berikut Laporan Gugus Kendali Mutu Program Studi Pendidikan Guru PAUD >> DOWNLOAD
PPEPP
Siklus PPEPP
Implementasi Standar Dikti membentuk sebuah siklus yang mencakup Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi pelaksanaan, Pengendalian pelaksanaan, dan Peningkatan (PPEPP) Standar Dikti sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundangundangan.
Di dalam Pasal 52 ayat (2) UU Dikti disebutkan bahwa penjaminan mutu dilakukan melalui 5 (lima) langkah utama yang disingkat PPEPP, yaitu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi (pelaksanaan), Pengendalian (pelaksanaan), dan Peningkatan Standar Dikti. Hal ini berarti bahwa kelima langkah utama tersebut harus ada dalam melaksanakan SPMI, bahkan merupakan hal terpenting dari SPMI di setiap perguruan tinggi.
Mekanisme SPM Dikti diawali oleh perguruan tinggi dengan mengimplementasikan SPMI melalui siklus kegiatan yang disingkat sebagai PPEPP, yaitu terdiri atas:
- Perencanaan (P)
- Pelaksanaan (P) Standar Dikti
- Evaluasi (E) pelaksanaan Standar Dikti
- Pengendalian (P) pelaksanaan Standar Dikti
- Peningkatkan (P) Standar Dikti
Silakan klik masing-masing dokumen dan diharuskan memakai email domain @unisnu.ac.id untuk melihat. Terimakasih.