
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Akreditasi Baik Sekali
profile singkat
Visi dan Misi
VISI
Menjadi pusat pengembangan guru bahasa Inggris yang inovatif dan unggul dalam IPTEK serta berjiwa edupreneur, cendekia dan berkepribadian ahlussunnah wal-jama’ah.
MISI
- Menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris bermutu tinggi yang menghasilkan lulusan berdaya saing global.
- Mendorong tumbuh-berkembangnya kegiatan penelitian bermutu tinggi dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris, linguistik terapan dan bidang keilmuan terkait lainnya.
- Melakukan program pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan ranah kompetensi program studi Pendidikan Bahasa Inggris, dengan menyediakan forum interaksi yang kondusif dan sinergistik bagi para pembelajar dan praktisi pendidikan Bahasa Inggris melalui kegiatan diskusi, seminar, publikasi, konsultasi, dll.
TUJUAN
- Meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan melalui penerapan model-model pembelajaran terkini.
- Memfasilitasi peningkatan kapasitas dosen (capacity building) melalui kegiatan Pengembangan Keprofessian Berkelanjutan (PKB), yang juga biasa dikenal dengan (Continuing Professional Development (CPD).
- Menggiatkan penelitian di bidang pendidikan bahasa Inggris yang bermanfaat bagi lingkungan kampus maupun masyarakat luas.
- Menggiatkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa Inggris untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi fungsional bahasa Inggris.
- Melaksanakan budaya kerja yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral dan etika.
- Memperkuat jejaring dan kemitraan tingkat provinsial, nasional, regional dan internasional.
Menghasilkan lulusan yang:
- bertakwa kepada Tuhan Yang Mahaesa, berakhlak mulia, bermartabat, bertanggung-jawab, dan berwawasan luas
- berkeunggulan dalam dalam kompetensi akademik dan profesional dalam pendidikan bahasa Inggris
- memiliki kesadaran dan kepedulian lingkungan dan sosial yang tinggi
- memiliki kemampuan dan keterampilan berkolaborasi, berinovasi, berwirausaha dalam bidang pendidikan bahasa Inggris
- memiliki kecakapan hidup (life skills) dan literasi Abad 21
- mengikuti perkembangan ilmu dan melakukan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Inggris agar dapat meningkatkan mutu pendidikan bahasa Inggris.
Kurikulum
No | Kode mata kuliah | Nama mata kuliah | Semester | Sks |
---|---|---|---|---|
1 | 21FTK1PBI | Fiqih Ibadah | 1 | 2 |
2 | 21UN02PBI | Kewarganegaraan | 1 | 2 |
3 | 21UN05PBI | Ahlussunah wa al Jama'ah | 1 | 2 |
4 | 21UN04PBI | Bahasa Inggris | 1 | 2 |
5 | 21UN03PBI | Bahasa Indonesia | 1 | 2 |
6 | 21PBI101 | Intensive Listening | 1 | 3 |
7 | 21PBI102 | Intensive Speaking | 1 | 3 |
8 | 21PBI103 | Intensive Reading | 1 | 3 |
9 | 21PBI104 | Intensive Writing | 1 | 3 |
10 | 21PBI205 | English Paragraph Writing | 2 | 2 |
11 | 21UN01PBI | Pancasila | 2 | 2 |
12 | 21PBI207 | Introduction to English Grammar | 2 | 2 |
13 | 21PBI206 | Vocabulary Building | 2 | 2 |
14 | 21PBI204 | Literal Reading | 2 | 2 |
15 | 21PBI203 | Speaking for Informal Setting | 2 | 2 |
16 | 21PBI201 | Pronunciation Practice | 2 | 2 |
17 | 21FTK2PBI | Ilmu Pendidikan | 2 | 2 |
18 | 21UN07PBI | Studi al Quran dan al Hadits | 2 | 2 |
19 | 21UN08PBI | Akhlak | 2 | 2 |
20 | 21PBI202 | Literal Listening | 2 | 2 |
21 | 21PBI305 | Intermediate English Grammar | 3 | 2 |
22 | 21FTK3PBI | Statistik | 3 | 2 |
23 | 21PBI310 | Academic Vocabulary and Corpus | 3 | 2 |
24 | 21PBI309 | Introduction to Blended Learning | 3 | 2 |
25 | 21PBI308 | Introduction to Linguistics | 3 | 2 |
26 | 21PBI307 | Introduction to Text Types | 3 | 2 |
27 | 21PBI306 | Theories and Principle in TESOL | 3 | 2 |
28 | 21PBI304 | English Essay Writing | 3 | 2 |
29 | 21PBI303 | Interpretive Reading | 3 | 2 |
30 | 21PBI302 | Speaking for Formal Setting | 3 | 2 |
31 | 21PBI301 | Interpretive Listening | 3 | 2 |
32 | 21UN06PBI | Ke-NU-an | 3 | 2 |
33 | 21PBI404 | Critical Reading | 4 | 2 |
34 | 21PBI409 | English for Business* | 4 | 2 |
35 | 21PBI408 | Entrepreneurship* | 4 | 2 |
36 | 21PBI407 | Journalism* | 4 | 2 |
37 | 21PBI405 | Academic Writing | 4 | 2 |
38 | 21FTK4PBI | Teknologi Pendidikan | 4 | 2 |
39 | 21PBI403 | Speaking for Academic Purposes | 4 | 2 |
40 | 21PBI402 | Critical Listening | 4 | 2 |
41 | 21PBI401 | Metode Penelitian | 4 | 2 |
42 | 21PBI406 | Advanced English Grammar | 4 | 2 |
43 | 21FTK5PBI | Manajemen Pendidikan | 4 | 2 |
44 | 21PBI507 | Cross Cultural Understanding | 5 | 2 |
45 | 21FTK7PBI | Kuliah Kerja Lapangan (KKL) | 5 | 2 |
46 | 21FTK6PBI | Pengembangan Kurikulum | 5 | 2 |
47 | 21PBI508 | Introduction To Systemic Functional Linguistic | 5 | 2 |
48 | 21PBI506 | Research Method in ELT | 5 | 2 |
49 | 21PBI505 | ICT-Based Media for ELT | 5 | 2 |
50 | 21PBI504 | Language Curriculum Development | 5 | 2 |
51 | 21PBI503 | ELT Materials Development | 5 | 2 |
52 | 21PBI502 | Languange Assessment | 5 | 2 |
53 | 21PBI501 | Methodology in TESOL | 5 | 2 |
54 | 21PBI606 | Perencanaan Pembelajaran (MdS) | 6 | 2 |
55 | 21FTK8PBI | Bimbingan dan Konseling | 6 | 2 |
56 | 21PBI610 | Penilaian Pembelajaran (MdS) | 6 | 2 |
57 | 21PBI609 | Microteaching (MdS) | 6 | 2 |
58 | 21PBI608 | Integrasi ICT dalam Pembelajaran (MdS) | 6 | 2 |
59 | 21PBI607 | Pengembangan Pembelajaran Inovatif (MdS) | 6 | 2 |
60 | 21PBI605 | Phonology | 6 | 2 |
61 | 21PBI604 | Pragmatics | 6 | 2 |
62 | 21PBI603 | Introduction To Second Language Acqusitions | 6 | 2 |
63 | 21PBI602 | ELT for Young Learners | 6 | 2 |
64 | 21PBI701 | Discourse | 7 | 2 |
65 | 21PBI702 | Translation and Interpreting | 7 | 2 |
66 | 21UN09PBI | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 7 | 4 |
67 | 21FTK9PBI | Komprehensif | 8 | 0 |
68 | 21FTK10PBI | Skripsi | 8 | 6 |
Daftar Dosen
Aprilia Riyana Putri, S.Pd, M.Pd.
Ka UPT Pengembangan Bahasa
Hayu Dian Yulistianti, S.Pd, M.Pd.
Ka Prodi
Husni Mubarok, S.Pd.I., M.Pd
Wadek I
Nina Sofiana, S.Pd., M.Pd.
Wadek III
Gugus Kendali Mutu
Pengelola GKM Berikut pengelola Gugus Kendali Mutu (GKM) TA. 2021/2022 berdasarkan SK Rektor Unisnu Jepara Nomor 129/SK/UNISNU/IX/2021 tentang Pengelola UPM dan GKM di Lingkungan Unisnu Jepara. SK Dekan tentang penetapan nama-nama pengelola GKM dapat diunduh dengan Klik nama program studi.
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Ketua : Olyvia Revalita Candraloka, M.Pd.
Sekretaris : Muh Shofiyuddin, M.Pd.
Anggota : Aliva Rosdiana, S.Pd., M.Pd.
Berikut Laporan Gugus Kendali Mutu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris >> DOWNLOAD
PPEPP
Siklus PPEPP
Implementasi Standar Dikti membentuk sebuah siklus yang mencakup Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi pelaksanaan, Pengendalian pelaksanaan, dan Peningkatan (PPEPP) Standar Dikti sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundangundangan.
Di dalam Pasal 52 ayat (2) UU Dikti disebutkan bahwa penjaminan mutu dilakukan melalui 5 (lima) langkah utama yang disingkat PPEPP, yaitu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi (pelaksanaan), Pengendalian (pelaksanaan), dan Peningkatan Standar Dikti. Hal ini berarti bahwa kelima langkah utama tersebut harus ada dalam melaksanakan SPMI, bahkan merupakan hal terpenting dari SPMI di setiap perguruan tinggi.
Mekanisme SPM Dikti diawali oleh perguruan tinggi dengan mengimplementasikan SPMI melalui siklus kegiatan yang disingkat sebagai PPEPP, yaitu terdiri atas:
- Penetapan (P) Standar Dikti
- Pelaksanaan (P) Standar Dikti
- Evaluasi (E) pelaksanaan Standar Dikti
- Pengendalian (P) pelaksanaan Standar Dikti
- Peningkatkan (P) Standar Dikti
Silakan klik masing-masing dokumen dan diharuskan memakai email domain @unisnu.ac.id untuk melihat. Terimakasih.