Pendidikan Bahasa Inggris

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Akreditasi Baik Sekali

profile singkat

Visi dan Misi

VISI

Menjadi pusat pengembangan guru bahasa Inggris yang inovatif dan unggul dalam IPTEK serta berjiwa edupreneur, cendekia dan berkepribadian ahlussunnah wal-jama’ah.


MISI

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris bermutu tinggi yang menghasilkan lulusan berdaya saing global.
  2. Mendorong tumbuh-berkembangnya kegiatan penelitian bermutu tinggi dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris, linguistik terapan dan bidang keilmuan terkait lainnya.
  3. Melakukan program pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan ranah kompetensi program studi Pendidikan Bahasa Inggris, dengan menyediakan forum interaksi yang kondusif dan sinergistik bagi para pembelajar dan praktisi pendidikan Bahasa Inggris melalui kegiatan diskusi, seminar, publikasi, konsultasi, dll.


TUJUAN

  1. Meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan melalui penerapan model-model pembelajaran terkini.
  2. Memfasilitasi peningkatan kapasitas dosen (capacity building) melalui kegiatan Pengembangan Keprofessian Berkelanjutan (PKB), yang juga biasa dikenal dengan (Continuing Professional Development (CPD).
  3. Menggiatkan penelitian di bidang pendidikan bahasa Inggris yang bermanfaat bagi lingkungan kampus maupun masyarakat luas.
  4. Menggiatkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa Inggris untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi fungsional bahasa Inggris.
  5. Melaksanakan budaya kerja yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral dan etika.
  6. Memperkuat jejaring dan kemitraan tingkat provinsial, nasional, regional dan internasional.
  7. Menghasilkan lulusan yang:

    1. bertakwa kepada Tuhan Yang Mahaesa, berakhlak mulia, bermartabat, bertanggung-jawab, dan berwawasan luas
    2. berkeunggulan dalam dalam kompetensi akademik dan profesional dalam pendidikan bahasa Inggris
    3. memiliki kesadaran dan kepedulian lingkungan dan sosial yang tinggi
    4. memiliki kemampuan dan keterampilan berkolaborasi, berinovasi, berwirausaha dalam bidang pendidikan bahasa Inggris
    5. memiliki kecakapan hidup (life skills) dan literasi Abad 21
    6. mengikuti perkembangan ilmu dan melakukan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Inggris agar dapat meningkatkan mutu pendidikan bahasa Inggris.

Kurikulum

No Kode mata kuliah Nama mata kuliah Semester Sks
1 21FTK1PBI Fiqih Ibadah 1 2
2 21UN02PBI Kewarganegaraan 1 2
3 21UN05PBI Ahlussunah wa al Jama'ah 1 2
4 21UN04PBI Bahasa Inggris 1 2
5 21UN03PBI Bahasa Indonesia 1 2
6 21PBI101 Intensive Listening 1 3
7 21PBI102 Intensive Speaking 1 3
8 21PBI103 Intensive Reading 1 3
9 21PBI104 Intensive Writing 1 3
10 21PBI205 English Paragraph Writing 2 2
11 21UN01PBI Pancasila 2 2
12 21PBI207 Introduction to English Grammar 2 2
13 21PBI206 Vocabulary Building 2 2
14 21PBI204 Literal Reading 2 2
15 21PBI203 Speaking for Informal Setting 2 2
16 21PBI201 Pronunciation Practice 2 2
17 21FTK2PBI Ilmu Pendidikan 2 2
18 21UN07PBI Studi al Quran dan al Hadits 2 2
19 21UN08PBI Akhlak 2 2
20 21PBI202 Literal Listening 2 2
21 21PBI305 Intermediate English Grammar 3 2
22 21FTK3PBI Statistik 3 2
23 21PBI310 Academic Vocabulary and Corpus 3 2
24 21PBI309 Introduction to Blended Learning 3 2
25 21PBI308 Introduction to Linguistics 3 2
26 21PBI307 Introduction to Text Types 3 2
27 21PBI306 Theories and Principle in TESOL 3 2
28 21PBI304 English Essay Writing 3 2
29 21PBI303 Interpretive Reading 3 2
30 21PBI302 Speaking for Formal Setting 3 2
31 21PBI301 Interpretive Listening 3 2
32 21UN06PBI Ke-NU-an 3 2
33 21PBI404 Critical Reading 4 2
34 21PBI409 English for Business* 4 2
35 21PBI408 Entrepreneurship* 4 2
36 21PBI407 Journalism* 4 2
37 21PBI405 Academic Writing 4 2
38 21FTK4PBI Teknologi Pendidikan 4 2
39 21PBI403 Speaking for Academic Purposes 4 2
40 21PBI402 Critical Listening 4 2
41 21PBI401 Metode Penelitian 4 2
42 21PBI406 Advanced English Grammar 4 2
43 21FTK5PBI Manajemen Pendidikan 4 2
44 21PBI507 Cross Cultural Understanding 5 2
45 21FTK7PBI Kuliah Kerja Lapangan (KKL) 5 2
46 21FTK6PBI Pengembangan Kurikulum 5 2
47 21PBI508 Introduction To Systemic Functional Linguistic 5 2
48 21PBI506 Research Method in ELT 5 2
49 21PBI505 ICT-Based Media for ELT 5 2
50 21PBI504 Language Curriculum Development 5 2
51 21PBI503 ELT Materials Development 5 2
52 21PBI502 Languange Assessment 5 2
53 21PBI501 Methodology in TESOL 5 2
54 21PBI606 Perencanaan Pembelajaran (MdS) 6 2
55 21FTK8PBI Bimbingan dan Konseling 6 2
56 21PBI610 Penilaian Pembelajaran (MdS) 6 2
57 21PBI609 Microteaching (MdS) 6 2
58 21PBI608 Integrasi ICT dalam Pembelajaran (MdS) 6 2
59 21PBI607 Pengembangan Pembelajaran Inovatif (MdS) 6 2
60 21PBI605 Phonology 6 2
61 21PBI604 Pragmatics 6 2
62 21PBI603 Introduction To Second Language Acqusitions 6 2
63 21PBI602 ELT for Young Learners 6 2
64 21PBI701 Discourse 7 2
65 21PBI702 Translation and Interpreting 7 2
66 21UN09PBI Kuliah Kerja Nyata (KKN) 7 4
67 21FTK9PBI Komprehensif 8 0
68 21FTK10PBI Skripsi 8 6

Gugus Kendali Mutu

Pengelola GKM Berikut pengelola Gugus Kendali Mutu (GKM) TA. 2021/2022 berdasarkan SK Rektor Unisnu Jepara Nomor  129/SK/UNISNU/IX/2021 tentang Pengelola UPM dan GKM di Lingkungan Unisnu Jepara.  SK Dekan tentang penetapan nama-nama pengelola GKM dapat diunduh dengan Klik nama program studi.


Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Ketua        : Olyvia Revalita Candraloka, M.Pd.
Sekretaris : Muh Shofiyuddin, M.Pd.
Anggota    : Aliva Rosdiana, S.Pd., M.Pd. 


Berikut Laporan Gugus Kendali Mutu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris >> DOWNLOAD

PPEPP




Siklus PPEPP


Implementasi Standar Dikti membentuk sebuah siklus yang mencakup Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi pelaksanaan, Pengendalian pelaksanaan, dan Peningkatan (PPEPP) Standar Dikti sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundangundangan.


Di dalam Pasal 52 ayat (2) UU Dikti disebutkan bahwa penjaminan mutu dilakukan  melalui 5 (lima) langkah utama yang disingkat PPEPP, yaitu Penetapan,  Pelaksanaan, Evaluasi (pelaksanaan), Pengendalian (pelaksanaan), dan Peningkatan Standar Dikti. Hal ini berarti bahwa kelima langkah utama tersebut harus ada dalam melaksanakan SPMI, bahkan merupakan hal terpenting dari SPMI di setiap perguruan tinggi.


Mekanisme SPM Dikti diawali oleh perguruan tinggi dengan mengimplementasikan SPMI melalui siklus kegiatan yang disingkat sebagai PPEPP, yaitu terdiri atas:


  1. Penetapan (P) Standar Dikti
  2. Pelaksanaan (P) Standar Dikti
  3. Evaluasi (E) pelaksanaan Standar Dikti
  4. Pengendalian (P) pelaksanaan Standar Dikti
  5. Peningkatkan (P) Standar Dikti
 


Silakan klik masing-masing dokumen dan diharuskan memakai email domain @unisnu.ac.id untuk melihat. Terimakasih.