
Program Studi Pendidikan Agama Islam
Akreditasi A
profile singkat
Visi dan Misi
Menghasilkan guru pendidikan agama Islam yang mampu mengembangkan IPTEK dalam pembelajaran agama Islam, mengembangkan seni budaya yang Islami, melahirkan sumber daya manusia yang cendekia, berakhlakul karimah dan berkepribadian ahlus-sunnah wal-jama’ah
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran secara profesional dan inovatif untuk menyiapkan calon guru Pendidikan Agama Islam yang memiliki ideologi ahlussunnah wal jama'ah dan terampil dalam mengkaji teks-teks keislaman.
- Melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pendidikan agama Islam untuk kepentingan Islam dan masyarakat.
- Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat melalui transmisi ilmu dalam memajukan pendidikan agama Islam dan menyelesaikan permasalahan di masyarakat.
- Mengembangkan manajemen pendidikan dan lingkungan akademis yang religius dalam mengelola pendidikan.
- Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam bidang Pendidikan Agama Islam, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional.
Kurikulum
No | Kode mata kuliah | Nama mata kuliah | Semester | Sks |
---|---|---|---|---|
1 | 21FTK1PAI | Fiqih Ibadah | 1 | 2 |
2 | 21PAI105 | Khat Araby | 1 | 2 |
3 | 21PAI104 | Filsafat Umum | 1 | 2 |
4 | 21PAI103 | Ilmu Tajwid | 1 | 2 |
5 | 21PAI102 | Antropologi-Sosiologi Pendidikan | 1 | 2 |
6 | 21PAI101 | Bahasa Arab | 1 | 2 |
7 | 21UN03PAI | Bahasa Indonesia | 1 | 2 |
8 | 21UN04PAI | Bahasa Inggris | 1 | 2 |
9 | 21UN05PAI | Ahlussunnah wa al Jama'ah | 1 | 2 |
10 | 21UN07PAI | Studi al-Quran dan al-Hadits | 1 | 2 |
11 | 21UN08PAI | Akhlak | 1 | 2 |
12 | 21PAI207 | Teknik Penulisan Karya Ilmiah | 2 | 2 |
13 | 21PAI208 | Ulumul Qur`an | 2 | 2 |
14 | 21UN01PAI | Pancasila | 2 | 2 |
15 | 21PAI204 | Ilmu Kalam | 2 | 2 |
16 | 21PAI206 | Materi PAI SKI | 2 | 2 |
17 | 21PAI205 | Materi PAI Akidah Akhlak | 2 | 2 |
18 | 21PAI203 | English for Islamic Education | 2 | 2 |
19 | 21PAI202 | Bahtsul Kutub Aqidah wa Ilmi al-Kalam | 2 | 2 |
20 | 21PAI201 | Bahasa Arab li al-Manhaj wa at-Ta'lim | 2 | 2 |
21 | 21UN06PAI | Ke-NU-an | 2 | 2 |
22 | 21FTK2PAI | Ilmu Pendidikan | 2 | 2 |
23 | 21PAI303 | Ilmu Pendidikan Islam | 3 | 2 |
24 | 21UN02PAI | Kewarganegaraan | 3 | 2 |
25 | 21PAI308 | Ulumul Hadits | 3 | 2 |
26 | 21PAI307 | Telaah Kurikulum PAI Dasar (SD/MI) | 3 | 2 |
27 | 21PAI306 | Tafsir Tarbawiy | 3 | 2 |
28 | 21PAI305 | Materi PAI Quran Hadits | 3 | 2 |
29 | 21PAI304 | Materi PAI Fiqih Jinayat dan Munakahat | 3 | 2 |
30 | 21PAI302 | Filsafat Pendidikan Islam | 3 | 2 |
31 | 21PAI301 | Sejarah Peradaban islam | 3 | 2 |
32 | 21FTK3PAI | Statistik | 3 | 2 |
33 | 21PAI406 | Ushul Fiqh | 4 | 2 |
34 | 21PAI407 | Materi PAI Fiqih Mu'amalah dan Mawaris | 4 | 2 |
35 | 21PAI408 | Aplikasi komputer | 4 | 2 |
36 | 21PAI405 | Media Pembelajaran PAI | 4 | 2 |
37 | 21PAI404 | Bahtsul Kutub Syari'at Islam | 4 | 2 |
38 | 21PAI403 | Kewirausahaan Pendidikan | 4 | 2 |
39 | 21PAI402 | English for Islamic Studies | 4 | 2 |
40 | 21PAI401 | Literasi Informasi Digital | 4 | 2 |
41 | 21FTK5PAI | Manajemen Pendidikan | 4 | 2 |
42 | 21FTK4PAI | Teknologi Pendidikan | 4 | 2 |
43 | 21PAI507 | Psikologi Pendidikan | 5 | 2 |
44 | 21FTK7PAI | Kuliah Kerja Lapangan (KKL) | 5 | 2 |
45 | 21FTK6PAI | Pengembangan Kurikulum | 5 | 2 |
46 | 21PAI508 | Statistik Pendidikan | 5 | 2 |
47 | 21PAI506 | Pendidikan Inklusi | 5 | 2 |
48 | 21PAI505 | Metodologi Studi Islam | 5 | 2 |
49 | 21PAI504 | Administrasi Pendidikan | 5 | 2 |
50 | 21PAI503 | Metode Penelitian Kualitatif | 5 | 2 |
51 | 21PAI502 | Kapita Selekta Pendidikan Islam | 5 | 2 |
52 | 21PAI501 | Sejarah Pendidikan Islam | 5 | 2 |
53 | 21PAI607 | Supervisi Pendidikan | 6 | 2 |
54 | 21FTK8PAI | Bimbingan dan Konseling | 6 | 2 |
55 | 21PAI609 | Metode Penelitian Kuantitatif | 6 | 2 |
56 | 21PAI608 | Telaah Kurikulum PAI Menengah (SMP/MTs/SMA/MA/SMK) | 6 | 2 |
57 | 21PAI606 | Strategi Pembelajaran PAI | 6 | 2 |
58 | 21PAI605 | Sistem Evaluasi PAI | 6 | 2 |
59 | 21PAI604 | Perencanaan Sistem Pembelajaran PAI | 6 | 2 |
60 | 21PAI603 | Pengembangan Profesi Keguruan | 6 | 2 |
61 | 21PAI602 | Metodologi Pembelajaran PAI | 6 | 2 |
62 | 21PAI601 | Microteaching | 6 | 2 |
63 | 21PAI701 | Bahasa Arab Maharotul Kalam | 7 | 2 |
64 | 21PAI702 | Masailul Fiqh | 7 | 2 |
65 | 21PAI703 | Bahtsul Kutub Tarbiyah Islamiyah | 7 | 2 |
66 | 21PAI704 | Hadits Tarbawiy | 7 | 2 |
67 | 21PAI705 | Ilmu Tasawuf | 7 | 2 |
68 | 21PAI706 | Psikologi Perkembangan Peserta Didik | 7 | 2 |
69 | 21UN09PAI | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 7 | 4 |
70 | 21FTK10PAI | Skripsi | 8 | 6 |
71 | 21FTK9PAI | Komprehensif | 8 | 0 |
Daftar Dosen
Drs. Abdul Rozaq , M.Ag.
Dekan
Ahmad Saefudin, S.Pd.I, M.Pd.I.
Ka Pusat Studi Aswaja An-Nahdliyyah
Alex Yusron Al Mufti, S.Ag., M.S.I
Ka Prodi
Azzah Nor Laila, S.Th.I., M.S.I.
Kabid Pengabdian Masyarakat
Darnoto, S.Pd.I, M.Pd.I
Ka GKM
Dr. H. Akhirin , M.Ag.
Dosen
Dr. H. Mahalli, M.Pd
Warek I
Dr. H. Mufid, M.Ag.
Wadek II
Khalimatus Sa'diyah, S.Pd.I, M.Pd.I
Ka Pusat Pengembangan Sistem Pendidikan dan Inovasi
Santi Andriyani, S.Pd.I, M.Pd.
Ka Pusat Studi Gender dan Anak
Gugus Kendali Mutu
Pengelola GKM Berikut pengelola Gugus Kendali Mutu (GKM) TA. 2021/2022 berdasarkan SK Rektor Unisnu Jepara Nomor 129/SK/UNISNU/IX/2021 tentang Pengelola UPM dan GKM di Lingkungan Unisnu Jepara. SK Dekan tentang penetapan nama-nama pengelola GKM dapat diunduh dengan Klik nama program studi.
Program Studi Pendidikan Agama Islam
Ketua : Darnoto, M.Pd.I
Sekretaris : Nusrotus Sa'idah, M.Pd.
Anggota : Fathur Rohman, M.Pd.I.
Berikut Laporan Gugus Kendali Mutu Program Studi Pendidikan Agama Islam >> DOWNLOAD
PPEPP
Siklus PPEPP
Implementasi Standar Dikti membentuk sebuah siklus yang mencakup Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi pelaksanaan, Pengendalian pelaksanaan, dan Peningkatan (PPEPP) Standar Dikti sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundangundangan.
Di dalam Pasal 52 ayat (2) UU Dikti disebutkan bahwa penjaminan mutu dilakukan melalui 5 (lima) langkah utama yang disingkat PPEPP, yaitu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi (pelaksanaan), Pengendalian (pelaksanaan), dan Peningkatan Standar Dikti. Hal ini berarti bahwa kelima langkah utama tersebut harus ada dalam melaksanakan SPMI, bahkan merupakan hal terpenting dari SPMI di setiap perguruan tinggi.
Mekanisme SPM Dikti diawali oleh perguruan tinggi dengan mengimplementasikan SPMI melalui siklus kegiatan yang disingkat sebagai PPEPP, yaitu terdiri atas:
- Penetapan (P) Standar Dikti
- Pelaksanaan (P) Standar Dikti
- Evaluasi (E) pelaksanaan Standar Dikti
- Pengendalian (P) pelaksanaan Standar Dikti
- Peningkatkan (P) Standar Dikti
Silakan klik masing-masing dokumen dan diharuskan memakai email domain @unisnu.ac.id untuk melihat. Terimakasih.