Prodi PBI Gelar Workshop untuk Perkaya Metode Penelitian Dosen

Prodi PBI Gelar Workshop untuk Perkaya Metode Penelitian Dosen

FTIK UNISNU - Menjadi dosen tidak hanya menjadi seorang pengajar, namun juga menjadi seorang peneliti. Seorang dosen wajib melaksanakan penelitian, satu kali dalam setiap tahunnya. Disamping melaksanakan penelitiannya sendiri, dosen dengan jabatan minimal Asisten Ahli juga memiliki tugas tambahan, yakni melaksanakan pembimbingan kepada mahasiswa dalam melaksanakan penelitian yang dilakukan mahasiswa untuk memenuhi tugas akhir. Demikian juga yang ada pada Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara.

 

Dosen PBI FTIK Unisnu Jepara memiliki background pendidikan dari beberapa universitas yang berbeda, sehingga terkadang para dosen memiliki sudut pandang yang berbeda, khususnya dalam konsep dan pelaksanaan penelitian. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi konsep penelitian bagi mahasiswa yang dibimbing.

 

Terkait dengan perihal di atas, Prodi PBI FTIK Unisnu Jepara menyelenggarakan Workshop dengan tema “Empowering Research Methodology for Lecturers”. Kegiatan ini guna  menyamakan persepsi antar dosen pembimbing skripsi serta memperkuat dan memperkaya pemahaman para dosen terkait metode-metode penelitian

 

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Selasa, 25 Februari 2020, bertempat di ruang Pertemuan Lantai 3 FTIK Unisnu Jepara dan diikuti oleh 13 peserta yang terdiri dari 10 dosen Prodi PBI, 1 dosen masing-masing dari Prodi PAI, PGPAUD dan PGSD FTIK Unisnu Jepara. Kegiatan ini mendatangkan narasumber yang sangat berkompeten pada bidang penelitian, yaitu Bapak Prof. Dr. Teguh Budiharso, M.Pd (Professor in English Language Education, State Islamic Institute (IAIN) Surakarta, Indonesia)

  

Kegiatan workshop disambut dan dimanfaatkan dengan baik, peserta  antusias dalam berdiskusi untuk menajamkan pemahaman dan materi yang disampaikan narasumber.”Kegiatan ini merupakan upaya Prodi untuk meningkatkan kualitas penelitian dosen kami, sebagai sumbangsih dan pengabdian kami kepada lembaga. Dengan harapan, dosen mampu menghasilkan produk penelitian, sebagai hasil dari workshop” Ungkap Husni Mubarok, M.Pd., selaku Kaprodi PBI Unisnu Jepara.

 

Drs. H. Mahalli, M.Pd., Dekan FTIK Unisnu Jepara secara resmi membuka kegiatan Workshop. Dalam sambutan beliau menyampaikan harapanya, melalui kegiatan ini, dosen diharapkan  mampu mengimplementasikan ilmu yang didapat. “Saya atas nama pimpinan mengapresiasi kepada Prodi PBI atas penyelenggaraan kegiatan workshop ini, semoga kegiatan dapat berjalan dengan baik”.  Imbuhnya dalam sambutan pembukaan.

 

Pada acara penutupan, narasumber memberikan motivasi kepada peserta workshop. “Prodi PBI Unisnu Jepara harus terus berkembang, sudah ada potensi penelitian yang bagus, akreditasi Prodi juga bagus dan seluruh dosen kompak. Sukses untuk Prodi PBI Unisnu Jepara” Ungkap narasumber yang akrab dengan panggilan Prof. Teguh. (admin)

 

Admin FTK

Komentar