Asah Skill Jurnalistik, Mahasiswa UNISNU Gelar Hunting Berita

Asah Skill Jurnalistik, Mahasiswa UNISNU Gelar Hunting Berita

FTIK Unisnu Jepara - Kegiatan outdoor hunting berita yang diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Unisnu dilaksanakan di alun-alun Jepara pada Minggu (25/12/2022).

Khoirul Muslimin selaku dosen mata kuliah Journalism kelas 7 PBI A2 Unisnu Jepara mengatakan tujuan praktik hunting berita ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai proses pencarian berita yang sesungguhnya.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari pembelajaran sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka belajar. Selain itu mahasiswa juga bisa mengetahui bagaimana cara berinteraksi dengan masyarakat, mempunyai bekal dalam mengasah kajian teoritik yang telah dipelajari dan memiliki pengalaman yang berbeda dari biasanya dimana belajar tidak harus di dalam kelas," jelasnya.

Dia menambahkan, alasan memilih alun-alun Jepara sebagai lokasi hunting berita dikarenakan lokasi tersebut mudah dijangkau dari berbagai penjuru serta terdapat berbagai kegiatan disekitar lokasi yang bisa dijadikan berita.

"Banyak kegiatan yang bisa diliput disini, misalnya persiapan nataru, pembangunan jembatan dan bazar UMKM. Harapannya kegiatan outing dapat membantu mahasiswa memahami lebih dalam kajian teoritik yang dipraktekkan, betul-betul mengetahui sisi baik wartawan dan jurnalis serta memahami proses peliputan, penulisan dan cara menyebarluaskan berita melalui media," imbuhnya.

Putri, selaku komting kelas mengatakan kegiatan hunting ini dimulai dari pukul 10.30 sampai 11.30 WIB. Dalam pelaksanaannya mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok yang disebar diberbagai titik hunting sesuai dengan minat masing-masing.

"Setiap kelompok langsung menuju ke lokasi yang dipilih untuk meliput berita dan melakukan wawancara secara langsung. Setelah itu kembali ke titik kumpul untuk menyusun berita," ujarnya.

Syifaul, salah satu peserta hunting mengaku senang dengan diadakannya kegiatan ini karena memberikan banyak pengalaman seperti mendapat informasi baru, berinteraksi dengan orang baru dan melatih mental menjadi sorang jurnalis.

"Meskipun hujan tapi saya cukup senang dan antusias dengan kegiatan ini. Semoga kedepannya dapat membuat berita dengan baik sehingga menjadi jurnalis profesional, " ungkapnya.

Komentar



Berita Terkait